Jumat, 08 Maret 2019

# Fashion

SHAFIRA World Wanderer Koleksi Spesial Busana Muslim di IFW 2019

Hai Girls! Kali ini saya ingin membahas tentang SHAFIRA nih, ah pasti kalian sudah gak asing lagi kan mendengar brand ini, ituloh brand lokal busana muslim di Indonesia.
kalau bicara soal busana muslim, saya keingetan alm nenek nih, dulu nenek saya banyak sekali koleksi busana muslimnya, meski di umurnya yang 70an itu beliau berpenampilan selalu modis, saya akui selera fashionnya sangat keren, semua busana muslim untuk berpergianya sangat cantik dan bervasiasi, dan sayapun jadi bangga punya nenek yang lincah dan modis.

Pertama kali saya mengenal brand Shafira karna alm nenek pernah meminta tolong saya menyetrika pakaian outer dan kerudungnya, dalam hati saat itu, "ini modelnya bagus dan warnanya juga cantik", kutanyakan pada beliau pakaian ini akan digunakan kemana, ternyata akan digunakan sebagai seragam pengajian, kulihat mereknya tertera SHAFIRA, warnanya cantik, saya suka dan langsung bilang "kapan-kapan kalau aku mau pakai pinjam ya nekkk", lalu ia menjawab "iya, pakai saja", saya memang belum berhijab seperti nenek tapi sangat tertarik menggunakan outernya itu.

30 Years Journey of SHAFIRA
Wah ternyata usia Shafira lebih tua dari saya loh, sedikit berkenalan dengan SHAFIRA yuk! SHAFIRA sebuah pionir brand busana muslim di Indonesia yang dibangun oleh ibu Feny Mustafa sejak tahun 1989, SHAFIRA sendiri dibangun lebih dari sekedar sebuah bisnis, brand busana muslim ini merupakan mimpi dan semangatnya yang ia curahkan sebagai sumbangsih bagi muslimah Indonesia untuk mempercantik melalui balutan busana yang indah nan anggun.

Selama 30 tahun, SHAFIRA telah menebarkan inspirasinya membuat berbagai karya busana muslim dari muslimah untuk muslimah, bukan hanya muslim di  Indonesia saja, melainkan sudah menampilkan keindahan islam melalui industri fashion hingga berbagai penjuru dunia.

Di Indonesian Fashion Week (IFW) 2019 bakalan ada SHAFIRA loh, IFW itu adalah ajang pertunjukkan koleksi fashion terbesar di Indonesia yang diadakan setiap tahunya sejak 2011, dan disini SHAFIRA bakalan hadir dengan koleksi busana muslim terbarunya.

SHAFIRA the World Wanderer  
Tema yang diangkat Shafira kali ini berarti penjelajah dunia yang menebar inspirasi di industri fashion muslim, Desain koleksi terbaru SHAFIRA  terispirasi oleh  Arsitektur 5 mesjid di 5 benua yang mengupas keunikan ragam budaya dan arsitektur mesjid-mesjid ikoniknya. Shafira berkeinginan agar para muslim tetap dapat berpenampilan keren meski berpergian dan sangat pantas jika digunakan masuk mesjid.

Sepanjang perjalanya SHAFIRA telah berpartisipasi dalam berbagai event fashion berskala nasional hingga event fashion internasional seperti New York Couture Fashion Week.

Dari Spanyol, Dubai, hingga kota ikonik dunia, New York, pernah menjadi bagian dari inspirasi SHAFIRA dalam koleksi utamanya yang ditampilkan di berbagai ajang fashion bergengsi dunia.

Asia, Australia, Eropa, Amerika, hingga Afrika, SHAFIRA mengadopsi keindahan arsitektur mesjid-mesjid terindah dari setiap benua ke dalam karya fashion yang dipersembahkan bagi seluruh pengguna busana muslim, sehingga hal ini dapat mendefinisikan world wanderer yang tak hanya dilabelkan kepada SHAFIRA, namun juga pada seluruh pemakainya.

Pada tanggal 29 Maret 2019 nanti, SHAFIRA akan menampilkan koleksi busana muslim dengan model terbarunya yang bisa mencapai 70an macam, wahhh banyak sekali yahh.

koleksi SHAFIRA World Wanderer ini berupa ready to wear yang terasa nyaman dipakai saat travelling namun desainya tetap dapat menutup aurat dan juga layak jika dipakai saat berkunjung ke masjid. Terinspirasinya dari :

Benua Eropa (Musim Dingin)
Mesjid Islamic Center di kota Cologne, Jerman. SHAFIRA mengambil nuansa musim dinginnya.
Terdapat nuansa modern pada mesjid mempunyai mozaik yang bening warnanya seperti kaca.
dengan begitu baju yang di desain modelnya memang seperti baju saat musim dingin namun jangan khawatir bahan dan desainya masih terasa nyaman jika digunakan di Indonesia.

Benua Amerika (Musim Gugur)
Islamic center di Washington memiliki nuansa Middle East, kemudian desainya dipadukan dengan presidential style oleh para first lady di saat autumn.
Dengan begitu SHAFIRA Menghadirkan desain busana muslim bertema monochromatic dengan menggunakan houndstout material.

Benua Australia
Islamic center di Adelaide, ini merupakan mesjid tertua sejak tahun 1700 Memiliki khas rumah batu, mesjid ini dibangun oleh para imigran dari Afrika.
SHAFIRA mendesain busana muslimnya dengan memadukan desain Aborigin modern art, juga safari look memakai bahan suede dan parka serta warna alam pegunungan di Australia.

Benua Afrika (Musim Semi)
Mesjid Hassan II di Maroko memiliki inspirasi dari seni mozaik islam, SHAFIRA hadir dengan mengembangkan kaftan, dan spicy colour dengan menggunakan bahan halus sifon atau satin.

Benua Asia
Mesjid Raya Baiturrahman di Aceh, Indonesia. dengan terinspirasi dari foto lama, disaat jaman kolonial, dimana  saat itu wanita melayu menggunakan kain penutup di kepala. Ternyata trend fashion model seperti dulu itu sedang ngetrend kembali, dan kini SHAFIRA menghadirkan desain menjadi lebih modern, memakai drapery/ikat mengikat dan pada desain ini terdapat detail bordir kerawang Gayo yang terkenal.


Bagaimana setelah melihat koleksinya? terlihat sangat keren bukan?
Dari desain yang di tampilkan saya sangat menyukai tema dari Washington, desain monochromatic nya sangat keren dan kalau di Indonesia juga cocok digunakan sebagai pakaian kerja, baik yang berhijab maupun tidak.
Jika kamu ingin melihat langsung semua koleksi SHAFIRA terbaru, Yuk datang ke Indonesia Fashion Week 2019 yang akan diselenggarakan pada tanggal 27-31 Maret 2019 di Jakarta Convention Center.

Cek koleksi SHAFIRA yang lainya bisa kesini ya girls, SHAFIRA atau kamu bisa follow juga akun  instagram @shafiramuslimfashion barangkali ada fashion item yang kamu idamkan disini yah..

Oke sekian update saya kali ini, terima kasih sudah berkunjung :)

5 komentar:

  1. Wooowww... Sudah 30th Shafira, gak berasa ya. Btw aku naksir banget kemarin sama desain yang terinspirasi dari masjid Baiturrahman Aceh.

    BalasHapus
  2. Bagus-bagus banget ya kak Riri Shafira yang kali ini... bikin aku pengen punya banget yang dari Maroko

    BalasHapus
  3. lihat modelnya pakai koleksi Shafira bikin mata terpukau ya mba, keliatan banget elegannya.

    BalasHapus
  4. Bajunya keren2, saya jd pengen koleksi jg :)

    BalasHapus
  5. Aku termasuk orang yang suka fashion. Setelah lihat artikel ini jadi pengen punya deh model baju-baju seperti itu :)

    BalasHapus