Tips Kuku Cantik dan Sehat Dengan Perawatan Alami dan Sederhana

Girls tahukan kamu akan fungsi kuku mu? kuku berfungsi untuk dapat melindungi ujung jari yang lembut dimana pada ujung syaraf-syaraf berada, kuku berperan penting dalam aktivitas kita sehari-hari, juga dapat menunjang penampilan kita, Oleh karena itu kesehatan kuku tidak boleh disepelekan, kita harus menjaga kebersihan serta merawat keindahannya agar tetap terlihat menarik dan sehat.
Berikut ini dari berbagai sumber memberikan tips merawat kuku yang baik dan benar, yuk Girls...


Beri Nutrisi Yang Baik
Kekurangan vitamin A dapat membuat kuku Kamu rapuh dan kering. Vitamin C, zinc, kalsium, vitamin B12 dan asam lemak baik juga diperlukan untuk menjaga kesehatan dan kekuatan kuku. Segelas susu bisa membantu asupan vitamin untuk kesehatan kuku. Makan sayuran dan protein yang cukup untuk menutrisi tubuh termasuk kuku.

Menjaga Kelembapan Kuku
Kelembapan pelu dijaga agar kuku terhindari dari kerapuhan. Gunakan pelembap tangan, minyak zaitun, atau petroleum jelly untuk melembapkan kulit. Gunakan kapan saja kulit terasa kering dan oleskan di sekitar tangan dan kulit sesaat sebelum tidur, beri sedikit pijatan pada daerah sekitar kuku untuk melancarkan peredaran darah. Peredaran darah yang lancar bisa membuat kuku tumbuh lebih sehat.
Oleskan petroleum jelly pada kutikula dan kulit sekeliling kuku setiap malam sebelum tidur atau pada saat kuku terasa kering. Jika tidak ada petroleom jelly, Kamu bisa menggantinya dengan minyak zaitun.

Jangan Mencabut Kutikula Kuku
Kutikula adalah lapisan bukan sel yang berada di atas lapisan epidermis, Kutikula dapat berupa permukaan yang halus, kasar, bergelombang, atau beralur. Kutikula merupakan pelindung kuku dari bakteri dan infeksi. Jadi Kamu jangan mencabut atau memotong kutikula jika tak ingin terkena infeksi atau bakteri.

Potong Kuku
Bersihkan dan potong ujung kuku secara teratur, Jangan koyak kuku saat mengguntingnya karena dapat membuatnya rapuh. Usahakan gunting teratur dengan satu arah untuk membuat potongannya sempurna.

Lindungi dari bahan kimia
Sabun pencuci piring, deterjen, atau bahan kimia lainnya dapat merusak dan menyebabkan kuku rapuh, oleh karena itu saat menggunakannya usahakan menggunakan sarung tangan karet untuk melindungi kuku Saat Melakukan Pekerjaan Rumah. Begitu juga jika Anda memutuskan berkebun atau melakukan kegiatan berat. Sebaiknya minimalisir risiko kerusakan kuku dengan melindunginya. Kuku dan tangan akan lebih sehat jika dilindungi dengan baik serta akan terhindari kerusakan, infeksi, serta kekeringan.

Jangan bebankan kuku
Ketika Kamu memutuskan memiliki kuku panjang, usahakan untuk melindunginya semaksimal mungkin. Jangan gunakan kuku untuk kegiatan sehari-hari seperti mengetik, membuka kaleng minuman, atau membuatnya melakukan pekerjaan berat. Gunakan ujung jari atau bagian yang lain jika memungkinkan untuk melindungi kuku dari goresan atau risiko patah.

Kuteks atau cat kuku
Kuku panjang identik dengan cat kuku. Pelapis kuku baik yang berwarna maupun bening bisa membantu melindungi kuku Kamu. Tapi berhati-hati jika suka gonta-ganti warna. Jangan gunakan cairan penghapus kuku lebih dari dua kali dalam sebulan karena bisa membuat kuku rapuh. Usahakan hindari cairan yang mengandung aseton yang bisa membuat kuku kering. Lebih baik pilih penghapus warna kuku yang menggunakan asetat. Apabila dibutuhkan, gunakan krim penguat kuku untuk menjaganya tetap sehat.

Kuku Kaki
Tak hanya pada tangan, jari-jari kaki juga harus bebas dari air. Membiarkan kaki dalam kondisi lembab akan meningkatkan risiko terjadinya infeksi jamur. Karena itu, hindari menggunakan sepatu yang lembab dan berkeringat, sebab kondisi ini dapat memicu infeksi jamur. Gunakan juga kaus kaki berbahan dasar katun yang mampu menyerap keringat dan mencegah berkembangnya jamur.

Picture search By Google 

0 comments:

Posting Komentar

Part Of