Senin, 30 Desember 2013

# DIY (Do It Yourself)

DIY: Membuat Dompet Dari Bekas Bungkus Susu

Kamu suka minum susu instan? jangan buang bungkusnya... karena dari sisa bungkus susu instan tersebut bisa kita jadikan sebuah barang yang unik dan bermanfaat.

Alat dan bahan yang digunakan :
Bungkus Susu Frisian Flag Biru
Benang knur + Jarum

Gunting
Kain Perca (optional)

Langkah Pertama:
Menyiapkan banyak bekas bungkus susu instan merek apa saja yang sudah dibersihkan, yang saya gunakan sebagai eksperimen adalah bungkus susu Frisian Flag warna Biru, ambil 1 dan Potong menjadi dua bagian selebar 4 cm.

Langkah Kedua:
Potonganlah bekas bungkus susu selebar 4 cm tersebut di lipat ke arah dalam sepanjang 1 cm di kedua sisinya sehingga menghasilkan pita plastik selebar 2 cm. Buat pita seperti dibawah ini sebanyak minimal 100 buah dari 50 bungkus bekas susu instan.

Langkah Ketiga:
Ambil 4 buah pita yang sudah jadi lalu di bentuk anyam seperti kita membuat baling-baling.

Langkah Keempat:
Pada baling-baling awal yang sudah terbentuk selanjutnya tinggal tambahkan saja pita lainnya satu-persatu dan jangan lupa membuat sudut tegak vertikal agar bisa dianyam ke arah atas, apabila proses ini diabaikan maka anyaman yang dibuat hanya akan berbentuk seperti tikar saja dan tidak berupa dompet atau keranjang. Aturlah lebar dan tinggi anyaman sesuai kebutuhan.

Langkah Kelima:
Setelah dompet selesai dibuat, bagian dalam tas dapat diberi lapis dari kain perca agar tidak bolong-bolong atau biarkan seperti itu supaya tetap terlihat orsinil dan antik.







Selamat mencoba :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

You Can Use This Voucher